Powered by Blogger.

BIDVERTISER

Buat Sprayer Brush Artistic Media

Posted by Ilmu Program


Hampir sebagian besar orang menatap kagum akan betapa kerennya Photo Editing, dan itulah kenapa sebagian besar orang itu lebih focus pada Photoshop, tidak ada salahnya memang, tapi menurut saya, Design bukan soal Editing melainkan Design adalah Creating, Photoshop sungguh sangat mungkin dan bisa untuk Creating ini tapi membutuhkan kesabaran tingkat dewa untuk menjadikannya "Looks great" Haha... sedangkan CorelDRAW, disini kita benar-benar creating suatu image yang saya sebut Design.
Seorang teman saya menggunakan CorelDRAW untuk meng-edit suatu Photo karena belum bisa menggunakan Photoshop, saya heran dan bertanya-tanya "Niat sekali orang ini" tapi saya juga salut, teman saya ini mencoba sesuatu yang baru, yah, meski kita tahu hasil editing di CorelDRAW terkadang tidak akan sebagus menggunakan Photoshop. Kenapa jadi bahas soal ini? Haha... Vector adalah Dewanya Design menurut saya tanpa menutup mata bahwa setiap Software dibuat untuk keperluan berbeda. So, lets rock!
Kali ini kita akan belajar membuat Sprayer Brush pada CorelDRAW, apa guna Sprayer Brush? Fungsinya sama dengan Brush di Photoshop, jika teman-teman pengguna Photoshop, tentunya tau apa itu Brush dan Double Brush, nah di tutorial ini, namun dengan CorelDRAW tentunya, kita akan membuat Double Brush tersebut untuk CorelDRAW.
1. Pertama, buat New Document, kemudian klik menu Effects di bagian main menu, kemudian pilih Artistic Media.
artistic media
Jika benar maka akan muncul Docker d samping kanan CorelDRAW seperti ini

default stroke
2. Buat objek sesuka kita, disini saya akan membuat bunga, saran saya, untuk mencoba tutorial ini, gunakan simple object terlebih dahulu, setelah nanti dirasa sudah menguasai dengan benar tutorial atau cara ini, silahkan menggunakan object yang lebih komplek. Oke, saya menggunakan ini.
object bunga
Setelah kita buat satu object, duplicate object tersebut kemudian perkecil atau perbesar ukurannya menjadi beberapa ukuran
duplicate object
3. Klik dan tahan salah satu object tersebut kemudian drag ke dalam Docker Artistic Media yang muncul tadi, jika Pointer sudah berubah bentuk menjadi tanda + (plus), lepaskan object tersebut,
pilihan brush
Jika benar, maka akan muncul windows pop up seperti di bawah ini
object sprayer
Pilih Object Sprayer lalu OK, akan muncul lagi Pop Up Windows "save As" Namai saja sesuka hati misal : "sprayer bunga" lalu Save.
bunga
Scroll docker sampai bagian bawah, maka akan terlihat Sprayer Brush yang baru saja kita buat.
load sprayer
4. Untuk menambahkan Object lain, silahkan Drag lagi file lain ke dalam Docker, kali ini harus pas di Sprayer Brush kita tadi
Ingat ya, harus pas... Ulangi langkah tersebut untuk object selanjutnya
apply
5. Taraaaaa... Sudah jadi Sprayer brush kita sendiri, untuk cara menggunakannya sebagai berikut :
a. Klik Artistic Media Tool
artistic media tool
b. Sapukan pointer sesuka hati
c. Jika belum berubah dengan Sprayer Brush yang kita buat tadi, tinggal klik pada sprayer brush kita tadi di dalam Docker Artistic Media tadi.
Demikian, selesai tutorial kita, semoga bermanfaat bagi kami dan temen-temen sekalian, terima kasih...

Related Post



Post a Comment