Powered by Blogger.

BIDVERTISER

Logo ILMUGRAFIS Dengan Photoshop

Posted by Ilmu Program

Salam jumpa kembali ne buat pengunjung Ilmugrafis, mau bagi2 tutor lagi ne tapi kali ini tutor saya bisa dibilang spesial banget terutama buat buat pengunjung dan ILMUGRAFIS sendiri.Lho kenapa bisa spesial…!!?? Yupzz, saya sebut spesial sebab tutor saya hari ini akan membahas logo dari situs web ini sendiri, logo ILMUGRAFIS. Kasi tepuk tangan donk buat ILMUGRAFIS..!! Sesuai dengan izin dari email yang saya terima dari Ilmugrafis Team saya diperbolehkan mebuat tutor logo situs ini. Sebelumnya saya ucapin terima kasih banyak d buat Admin_nya yang kasih izin buat saya.
Tapi sebelumnya saya mau izin maaf jika memang logo ini belum sesuai dengan logo ILMUGRAFIS, saya minta maaf yang sebesar2nya y mas soalnya ini Cuma bentuk apresiasi aja buat situs ini.
Nah sebagai hasil akhir kamu2 semua bisa lihat gambar di bawah ini seperti apa logo ILMUGRAFIS yang akan kita buat dengan Photoshop. Cekidot..
logo ilmugrafis

Biar gak panjang lebar banget intermezzonya langsung aja d kita langkah2 pembuatannya.
1. Buka Photoshop kamu pilih File kemudian pilih New. Tips untuk kamu2 semua gak perlu khawatir d semua versi Photoshop akan berjalan di tutor ini jadi hajar aja guys..
(Sebagi pemberitahuan penulis memakai Photoshop Versi CS3).
Buat lembar kerja dengan ukuran seperti gambar dibawah ini.
ilmugrafis1
2. Terlebih dahulu ubah warna Foregorund menjadi e97415. Setelah itu pilih Polygonal tool pada menu ToolBox kemudian aturlah ukuran Sides menjadi 3. Gambarlah bentuk segitiga seperti contoh di bawah ini. (NB: Sebagai tips : Jika kamu ingin segitiga lurus beraturan Drag mouse sambil tekan Shift pada keyboard untuk membentuk segita seperti contoh gambar dibawah ini. Setelah itu tekan Ctrl + T untuk membalikkan posisi segitiga seperti contoh gambar di bawah ini).
ilmugrafis2
3. Tekan Ctrl + J untuk menduplikat segitiga di layer kerja setelah itu tekan Ctrl + J untuk merubah ukurannya. Ganti nilai Width=90% dan H=93%. Setelah itu tekan Enter 2 kali untuk menerapkan perubahan.
ilmugrafis3
4. Double klik icon warna disebelah kiri layer Shape 1 copy, ganti dengan warna 000000.Setelah itu klik OK.
ilmugrafis4
5. Klik kanan layer Shape 1 copy kemudian pilih Rasterize layer.
ilmugrafis5
6. Langkah berikutnya pilih Rectangule Marquee Tool kemudian buatlah kotak seleksi seperti gambar di bawah ini. Setelah itu klik kanan area seleksi pilih Transform Selection.

Atur posisi seleksi seperti gambar di bawah ini setelah itu tekan enter pada keyboard untuk menerapkan perubahan posisi.
ilmugrafis7
7. Tekan Del pada keyboard maka bagian yang telah terseleksi akan terhapus. Setelah itu tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.
ilmugrafis8
8. Pilih kembali Rectangule Marquee Tool kemudian buatlah kotak seleksi seperti gambar di bawah ini.
ilmugrafis8
9. Tekan kembali Del pada keyboard maka bagian yang telah terseleksi akan terhapus. Setelah itu tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.
ilmugrafis10
10. Kali ini kita akan memakai teknik seleksi dengan menggunkan Pen Tool untuk membuang bagian yang tidak kita inginkan. Caranya pilih Pen Tool pada menu ToolBox setelah itu buat seleksi dengan Pen Tool sesuai dengan urutan nomor yang ada di gambar bawah ini.( NB : sebagai tips ketika memakai Pen Tool dimana awal kita maka harus disitu juga kita klik kembali untuk menutup path yang telah kita buat).
ilmugrafis11
11. Masih tetap menggunakan Pen Tool klik kanan pada area yang telah kita buat seleksi, setelah itu pilih Make Selection. Pada bagian kotak Make Selection isi Feather Radius dengan 0 pixels lalu klik OK. Maka area yang akan kita seleksi tersebut akan membentuk seleksi garis putus-putus.
ilmugrafis12
12. Tekan kembali Del pada keyboard maka bagian yang telah terseleksi akan terhapus. Setelah itu tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi. Jika semua langkah2 diatas telah diikuti dengan baik dan benar maka kita akan mendapatkan hasil akhir logo seperti gambar di bawah ini.
logo ilmugrafis
Gambar : Logo ilmuGrafis.com
Sederhana bukan langkah2nya, nah buat kamu yang masih kesulitan menggunkan Pen Tool kamu bisa terus ulangi langkah no 10 dengan objek yang berbeda. Usakan objek yang ingin diseleksi yang mudah terlebih dahulu agar tidak menbingungkan kamu ketika ingin membuat seleksi.
Ok d tutor hari saya sudahi dulu sampai disini, terlebih dahulu saya minta maaf jika ada salah kata maupun penyampaian di dalam tutor ini. Begitu juga buat Ilmugrafis Team saya mohon izin kija ada yang kurang berkenan dengan hasil akhir serta langkah2 dari pembuatan logo ini. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah mengikuti tutor ini dan sampai jumpa di tutor selanjutnya.

Related Post



Post a Comment